Kehamilan Pertamaku #4: “Doctor Shopping”

Doctor Shopping, begitu kata temenku yang kuliah di kedokteran waktu kucerita ganti-ganti dokter buat periksa kehamilan. Abis gimana ya, namanya juga hamil anak pertama, pengen cari yang terbaik; dokter komunikatif dan tarif yang ngga nyakitin dompet. Dulu sih niatan dari mulai periksa sampai bersalin pinginnya ke puskesmas aja. Kebetulan aku tinggal deket Puskesmas Tebet, puskesmas percontohan yang udah dikenal dengan pelayanan profesional, fasilitas yang cukup memadai, harganya pun jauuuuh lebih murah dari rumah sakit. Apalagi sekarang puskesmas ini udah nempatin bangunan baru yang lebih bagus. Sayangnya waktu nelpon ke sana, bagian informasi bilang kalo obgyn yang tugas disana cowok. Mpruutt!

Sempet kesel sama kenyataan yang satu itu. Apalagi setelah cek di RS Agung yang juga deket rumah, obgyn-nya cowok juga. Wah, masa harus buka-buka aurat ke dokter yang bukan mahrom. Kenapa ya ada Sp.OG cowok, padahal pasiennya dipastikan perempuan semua :/ . Beruntung ada temen tante yang ngasih tau ada Rumah Bersalin yang ngga jauh dari rumahku, namanya Rumah Bersalin Fakhira, di situ Obgyn-nya cewek. Dari sini “belanja dokter”-nya dimulai.




Sampai dengan hari ini aku cuma dateng ke tiga rumah sakit dengan empat Obgyn berbeda. Dari RB Fakhira – dr. Sita Ayu Sp.Og, RSIA Tambak – dr. Oni Khonsa Sp.OG, RS Islam Cempaka Putih – dr. Widyorini Hanafi Sp.OG, dan terakhir kembali lagi ke RB Fakhira – dr. Henny Meitri Sp.Og. Berikut rincian biaya periksa kehamilan beserta kesanku ke dokter-dokternya. Sok, cekidol:

      • Rumah Bersalin Fakhira
    • Alamat/Tlp:  Jl. Menteng Wadas Timur no 121A (belakang Alfa Midi Jl. Minangkabau), Jakarta Selatan. Tlp. (021) 83707368
    • Obgyn: dr. Sita Ayu, Sp.OG; dr. Henny Meitri, Sp.OG
    • Tarif:  6.000 (administrasi) + 60.000 (USG 2D & print out) + 110.000 (multivit; Folamil Genio) + 0 (free konsultasi dokter) = Total 176.000
    • Kesan (+): tempatnya sederana, bersih, nyaman, full AC; Peralatan oke;  Biaya periksa kehamilan, melahirkan juga pelayanan umum lain sangat terjangkau;  dr. Henny komunikatif dan informatif, enak diajak ngobrol pas konsultasi; Deket rumah, hehe.
    • Kesan (-): dr. Sita kurang komunikatif, padahal aku orangnya pendiem dan waktu itu saking bingungnya banyak yg mau ditanya sampe ngga keluar satu pun (halah), jadi ngga banyak info yg aku dapet. Aku baru sekali sih sama dia, jadi ga tau gimana dia ke pasien lain.
      • RSIA Tambak
    • Alamat/Tlp: Jl Tambak No 18 Manggarai, Jakarta Pusat, Tlp (021) 2303444
    • Web: http://www.rsiatambak.com/
    • Obgyn:  dr. Oni Khonsa, Sp.OG
    • Tarif: 25.000 (administrasi) + 275.000 (konsultasi & USG 2D) + 25.000 (print out USG) + 160.000 (multivit & calc; lupa merknya) = Total 487.400
    • Kesan (+): duh ini mah ga usah ditanya lagi, udah terkenal pelayanannya bagus dan lengkap buat ibu hamil. Di sana bisa senam hamil, konsultasi laktasi, hypo-birthing, dan segala macem. Coba gugling aja, pasti keluar banyak puja-puji buat RSIA ini; Dr Oni-nya sendiri komunikatif; Deket rumah.
    • Kesan (-): muahalnya maaak..
      • RS Islam
    • Alamat/Tlp: Jl. Cempaka Putih Tengah I/1, Jakarta Pusat 10510, (021) 425-0451
    • Web: http://www.rsi.co.id/
    • Obgyn: dr. Widyorini Hanafi Sp.OG
    • Tarif: 160.000 (konsultasi dokter) + 60.000 (USG 2Dtanpa print out) + 194.475 (multivit & calc; Prenatin DF & Hibone) = Total 414.475
    • Kesan (+): Peralatan oke; Dokter Rini komunikatif.
    • Kesan (-): Jauh dari rumah; Cukup mahal buat sekedar konsultasiyang gitu-gitu aja dan tanpa print out hasil USG.


Maunya nyoba-nyoba lagi ke rumah sakit lain, tapi udah dimarahin temen, katanya kalo sering gunta-ganti nanti ngga kekontrol ;)) Terlebih sekarang udah 7 bulan, udah harus menetapkan tempat bersalin dan dokternya juga harus tau dong medical historyku. Maka berhentilah pencarianku di RB Fakhira. Meskipun dulu sempet ga gitu suka sama salah satu obgyn-nya, tapi yasudah lah, masih banyak kesan positifku ke RB ini. Lagipula sekarang obgy-nya ganti :D dan obgyn perempuan udah dijadwalkan dua kali seminggu setelah sebelumnya cuma seminggu sekali.

Sebelum kututup, ada info lain nih. Kalo dulu RS Agung (Jl. Sultan Agung No.67 Manggarai) yang aku ceritain di atas itu cuma punya obgyn cowo, kemarin aku liat di sana dipasang spanduk besar warna pink. Mereka dengan bangga mengumumkan bahwa mereka sekarang udah punya dua Obgyn PEREMPUAN. Tuh kaan, ape gue kate, bumil banyak yang nyari Obgyn cewek, akhirnya ngerekrut juga khaaaan :p

35 Comments

  1. aming on April 26th, 2012

    sudah pernah ke Rumah sakit YPK Menteng,
    kalau kesana cari Dokter Nadir ya….
    beliau sepuh disana dan sangat sabar kalau pasiennya mau persalinan normal..

    [Reply]

    phiy Reply:

    @aming,
    sebelah mana tuh yah? Belum pernah denger :D

    [Reply]

  2. vicky on May 1st, 2012

    makasih sharingnya… bisa jadi bahan referensi, sapa tahu ntar dapet istri orang jakarta.. trus hamil di jakarta…. (*)

    [Reply]

    phiy Reply:

    @vicky,
    hamil di luar Jakarta jg gpp, asal ga hamil di luar nikah aja :p

    [Reply]

  3. dafhy on May 1st, 2012

    Semangat yg terbaik untuk sikecil phiy. semoga lancar ya persalinan 3 bulan lagi O:-)

    [Reply]

    phiy Reply:

    @dafhy,
    aammiin, dua bulan lagi insyaAllah, kakak guru ;))

    [Reply]

  4. Nisa on May 4th, 2012

    Ya Allah, mbak.. Dulu pertama kenal mbak phiy pas sampeyan masih kuliah, sekarang postingannya udah tentang hamil begini :-D, cepatnyaa waktu berlalu..

    [Reply]

    phiy Reply:

    @Nisa,
    i feel the same. Ngerasa dulu masih anak-anak, eh sekarang mau punya anak ;))

    [Reply]

  5. Hybrid car on May 5th, 2012

    wah..jadi ingat waktu istriku hamil yang pertama… :)

    [Reply]

  6. Mengenang Canon IXUS 95iS on May 15th, 2012

    wahh selamat yaa….saya juga nti gitu ah kalo hamil, mw ‘shopping doctor’ hahahaa ]:D[ . eniwe salam kenal yaaa ;;)

    [Reply]

    phiy Reply:

    @Mengenang Canon IXUS 95iS,
    Doctor shopping kali maksude :D
    Salam kenal juga, terimakasi udah main ke sini :)

    [Reply]

  7. ira on June 30th, 2012

    senangnya,.. Aku juga sedang hamil anak pertama nih,.. :x
    Sama bingung juga mau ke RS mana,>> :? pengen nyoba RS Islam tapi mahal kayanya…
    pengen USG 4D dimana yah yg murah dan dokternya juga komunikatif untuk daerah cempaka putih dan jatibening bekasi

    please share. thank you :*

    [Reply]

    phiy Reply:

    maaf baru respon mba, lagi sibuk ngurus new baby born, hehe. Untuk daerah cempaka putih aku kurang tau. Klo tempat USG 4D terjangkau, di RB Fakhira kayaknya mba. Aku blom nyoba sih di situ, soalnya obgyn yg bisa USG 4D di Fakhira itu cowok..

    [Reply]

  8. Mayang on July 6th, 2012

    Mbak phiy,, makasih infonya,, bermanfaat bgt,, =:D> secara aku Lg nyari referensi,, kemarin udah TP positif alhamduLillah,, kehamilan pertama aku,, jd Lg mau periksa ke Dokter ;))

    [Reply]

    phiy Reply:

    @Mayang,
    aiih, selamat ya mba mayang, pasti happy banget deh ;;) Dijaga ya janinnya, trimester awal masih rentan :)

    [Reply]

  9. dr.Reni on August 18th, 2012

    Assalamu’alaikum, Ibu Afiy,

    Senang Rasanya Ibu telah mempercayakan pelayanan kesehatan di RB Fakhira. RB Fakhira memang didirikan atas prakarsa masyarakat yang hadir akan suatu pelayanan kesehatan yang baik, dengan harga yang terjangkau. (Mutu RS harga puskes hehehehe…)

    Sekedar berbagi sharing, berikut informasi layanan di RB Fakhira : USG 2D ( Biaya Rp. 60.000 ) dan USG 4 D (Biaya Rp.150.000) masing masing mendapat layanan konsultasi oleh dr SPOG gratis dan mendapatkan hasil USG di print.

    Adapun untuk biaya paket bersalin mulai dari Rp.700.000,- s/d Rp. 1.300.000,- (sudah termasuk biaya persalinan, imunisasi, obat-obatan dan pengurusan akta lahir),
    khusus yg kelas I : 1 kamar sendiri, AC, dan kamar mandi dalam dan LCD TV, ada sofa untuk suami.)
    Semoga nyaman atas pilihan para calon ibu,
    Oh iya mulai Mei 2012 kemarin kami menerapkan bersalin gratis bagi keluarga kurang mampu. Gratis tis….

    Manajemen RB Fakhira

    dr. Reni

    [Reply]

    phiy Reply:

    @dr.Reni,
    wa’alaikumussalam dr Reni.
    Wah, senengnya tulisanku ditanggapi langsung sama manajemen RB Fakhira :D
    Terimakasih bu dokter atas tambahan informasinya. Mudah2an dengan pelayanan berkualitas dengan harga terjangkau yg diberikan fakhira semakin banyak masyarakat yang pelayanan kesehatannya terpenuhi. Aamiin :)

    [Reply]

    roni Reply:

    Ass… klo caesar di klinik fakhira bisa g yach….
    n tarifnya brp? trimaksh
    wasslam.

    [Reply]

    phiy Reply:

    Wss. ngga bisa pak, tapi nanti dirujuk ke RS yg udah jadi mitra, dan harganya lebih terjangkau dibanding ceasar tanpa rujukan :)

  10. lenny marlina on September 17th, 2012

    Biaya persalinan di RB Al Fauzan Condet – Bale Kambang sekitar berapa yah dan pelayanannya bagus atau tidak
    Terima kasih atas infonya

    [Reply]

    phiy Reply:

    kurang tau mom. Coba tanya ke theurbanmama.com/forum/ deh, siapa tau ada yg pernah lahiran di sana :)

    [Reply]

  11. dinda on September 26th, 2012

    hai mbak salam kenal aku dinda
    sekarang jg lagi hjamil pertama baru 6 minggu dan aqyu susah cri dokter cwe hehehhehe. pertama periksa di RS Bunda Depok sama Dr. Dian tapi kurang komunikatif :( buru2 gt mungkin banyak pasien yah tp gk sreg deh masa ditanaya “dok saya ada pantangan apa ” dia jawab sambil tetep nulis “narkoba sama nikotin” bwahahhaha pengen kwtawa kesel deh gueh hahahhaha

    makasi kasi referensi RSIA tambak lumayan lah dr rumah aq di kp. makasar, Halim. dan harganya pun hampir sam akaya di bunda depok . btw ini harga RSIA tambak blm naik kan yah hihihihih *emakirit*

    [Reply]

    Dani Reply:

    @dinda,

    2 anak ku untuk dokter kandungannya sama dokter ninik di RS Harum Kali Malamg.
    Istri puas sama dokter ini.

    Salam,
    Dani

    [Reply]

  12. kiqiie aswan on December 17th, 2012

    waaah , klo klinik tempatku check up tiap bulan tuuh mahal banget..
    area Makassar tapiiiii.. xixixi .

    RSB RESTU _ dr. Maisyuri Chalid, Sp.OG..
    waktu USG 2D + PRINT d suruh bayar Rp. 150.000 & FOLAMIL GENIO + Obat muntah ( lupa nama.y ) Rp. 200.000,-

    gak adakah yg lebih mahal dari ituuuuuu ??
    huuufft .

    [Reply]

  13. oeul on December 19th, 2012

    salam kenal mbak Phiy :)
    mau nanya, itu di RB Fakhira nanti pas persalinannya sama dokternya atau sama bidan?

    Thanks buat jawabannya ya mbak

    [Reply]

    phiy Reply:

    salam kenal juga mba Oeul :)
    Tergantung pilihan bundanya, mau ditanganin spesialis yg biasa periksa kehamilan atau sama bidan.
    Tentunya dengan biaya yang berbeda, tp bedanya tipis kok.
    Untuk tarifnya bisa buka postingku yg ini ya: http://blognya.afiynih.com/2012/07/10/nikmatnya-melahirkan/

    [Reply]

  14. Icha SF on February 27th, 2013

    syukron mbak untuk infonya, alhamdulillah semalem udah ke klinik fakhira dengan dokter Henny, meski jadi pasien terakhir *jam 22.00* dokternya ttp oke ngejelasin :)

    [Reply]

    phiy Reply:

    sama2 mba, asik udah dapet Sp.OG yang nyaman. Selamat ya atas kehamilannya ^^ BTW tinggal dmn mba, bisa periksa di fakhira? :)

    [Reply]

    Icha SF Reply:

    @phiy, tinggal di palbatu 2 mbak phiy, tapi mertua di menteng atas deket fakhira, insyaallah kalau jodoh mau lahiran disana, lumayan nyaman kan ya mba? ;)

  15. Ina on March 13th, 2013

    Assalammu’alaikum..

    makasih banyak infonya yah mba.. :)
    sebelumnya liat2 info tarif USG yang murah , trus ketemu blognya mba afiy ini, biasanya saya cek tiap bulan ke Bidan / Dokter di Deket Rumah..

    Nah kmaren pas lagi nginep di rumah Ortu di jakarta, udah niat mau sekalian USG di Klinik Fakhira, berbekal alamat dan sempat nelpon ke Fakhira patokannya apa kalo mau kesitu, akhirnya senin sore saya dan suami daftar kesana untuk USG,

    hari senin malam, jadwalnya Dokter Sita, Alhamdulillah dapet nomer urut 6, karena jam 5 kurang dikit kami udah tiba disana buat daftar, mulai periksa kata susternya sekitar abis maghrib..

    pas udah daftar and di tensi, saya dan suami pulang dulu kerumah ortu, daerah pisangan Baru, baru jam 7 kurang kami kmbali lagi kesana,, :)

    dari yang saya Alami, Dokter Sita baik, penjelasannya juga bagus.. :)
    sekalian liat2 tempatnya dan tarif disana..
    kok yah jadi berubah pikiran, pengin nanti lahiran di klinik Fakhira ajah ( tadinya mau di depok di Bidan deket rumah yg biasa kontrol).

    langsung bilang sm suami and Ortu juga Mertua, Alhamdulillah pada setuju..

    Jadi InsyaAllah nnati lahiran mau di Fakhira ajah..
    sekarang usia kehamilan udah masuk mau 35 minggu, Tinggal nunggu gelombang cinta dari si Dedek..
    smoga bisa normal, mudah dan lancar prosesnya.. :)

    [Reply]

    phiy Reply:

    @Ina,
    Wa’alaikumussalam. Alhamdulillah, semoga persalinannya lancar :) Iya, Dr. Sita baik kok, cuma mungkin waktu itu dia lg kurang mood, hehe :D Oia, nanti pas IMD ingetin bidannya ya, minta satu jam :)

    [Reply]

    Ina Reply:

    @phiy,

    Aamiin… suruh balik lagi 2 minggu lagi buat cek lagi, mungkin sekalian siap2 ngungsi di rumah ortu, biar lbih deket ke Fakhira :)

    awalnya juga nanya dokter Henny, trus kata susternya, dr. Henny jadwalnya hari selasa malam, berhubung selasa siang saya udah msti balik kerumah depok, jadi saya lbih siap untuk USG hari senin malam, sambil mau ngerasain juga gimana rasanya di periksa sm Dr. Sita :D

    Oh gitu, musti diingetin dan kita yang minta 1 jam ya mba ?
    InsyaAllah nanti saya ingetin.. :)

  16. okta on June 28th, 2013

    askum sist,

    selain dr.Henny yg larah dan komunikatif di klinik fakhira ada dokter yg lain yg ramah kyk dr.Henny g ? hehehe :D :D maklum sekarang q lg hamil anak pertama bru 15 minggu dan pasti banyak yg pengen di tanya klo dokternya kurang ramahdan komunikatif jadi gimaaa gtu

    ooo iya IMD itu apa ya ?

    please infonya ya makasihh :)

    [Reply]

    phiy Reply:

    @okta,
    IMD: Inisisasi Menyusu Dini, bayi segera diletakan di dada ibu setelah lahir untuk menyusu :) Aku cuma nyobain dua dokter, jadi ga bisa kasih info lagi, hehe :D

    [Reply]

  17. amelia on November 8th, 2013

    bunda,,selama kehamilan dikasih multivitamin apa yaa?
    saya minum folamil genio kok mual yaa padah kehamilan saya udh mau masuk 5 bulan,thx

    [Reply]



Leave a Reply

© Copyright ● Blognya Afiy 2012. All Rights Reserved. Theme designed by Skechie.