Tumis Kangkung Pertamaku

Kadang manusia itu kalo udah dalam keadaan terancam, baru bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya mustahil. Misal, siswa yang ngga berani nyontek jadi berani nyontek di pelajaran matematika karena udah mandeg bener *curcol*. Begitu pun soal masak. Ilmu masakku yang masih mentok sampe nasi goreng dipaksa untuk merangkak beberapa langkah lebih maju. Awal bulan Romadhon tahun ini nenekku pergi umroh. Sodara yang suka bantu-bantu di rumah juga pulang kampung ke Cianjur. Lengkap sudah, terjadi kekosongan pemerintahan juru masak di keluarga. Satu-satunya yang bisa diandalkan cuma si sulung, aku.

Maka dari itu, sebelum berangkat ke bandara, nenek membisikkan satu amanah yang teramat berat: tolong ke pasar, beli kangkung, terus bikin tumis. Uwuw! Yasulah, ngga mungkin juga dong nyuruh pak lurah dateng ke rumah cuma buat numis kangkung, mentang-mentang rumah deket sama kantor kelurahan. Sebagai cucu yang baik dan cantik, sekaligus belajar jadi istri yang bisa masak, misi kangkung suci ini akhirnya kukerjakan sebagai pembukaan dari program PM2DBR (Pelatihan Maksa Masak Di Bulan Romadhon). Setelah dapet wangsit langsung dari Cianjur, aku mulai siapin bahan-bahannya.

  • 5 ikat kangkung, petik beserta sedikit batang
  • 8 siung bawang merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 cabe merah, iris memanjang
  • minyak untuk menumis
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • air secukupnya
  • saus tiram (optional)


Caranya ngga sulit ternyata. Tumis irisan bawang putih dan bawang merah. Jika bawang putih sudah berubah warna menjadi kekuningan atau sudah harum, tambahkan cabe merah. Tuang air ke tumisan sesuai selera. Berhubung aku suka yang berkuah, airnya agak banyak kayak gambar di bawah. Masukkan garam dan gula, aduk. Diicip dulu, kalo kurang asin atau manis, tinggal tambahin garam atau gulanya. Tunggu sampai air mendidih. Setelah mendidih, cemplungin deh kankungnya. Aduk-aduk hingga merata. Tambahkan kurang lebih satu sendok makan saus tiram kalau suka, terus aduk lagi. Selesai.



Rasanya?

Masukin ke check list makanan yg udah bisa dimasak

Begitu kata Aa’. Alhamdulillah.. Ga tau gombal apa bener deh :D Next, insyaAllah bakal aku posting beberapa panganan lain yang aku coba bikin selama nenek pergi umroh. Gimana dengan temen-temen? Ada hal baru yang dikerjakan di bulan suci ini? ;;)

20 Comments

  1. iam on August 24th, 2011

    Hehehe :D Bukan gombal itu mah mbak #FeelingLaki2 :p
    Hal baru? Apa ya? Kayaknya belum ada mbak saya >.<

    [Reply]

    phiy Reply:

    semoga feeling lelakimu tepat. [-O<

    [Reply]

    iam Reply:

    Hehe amin mbak, amin [-O<

  • vivi on August 24th, 2011

    bukan gombal itu…
    dr gambarnya aja udah keliatan kalo pasti sedep (penyuka kangkung hoho)
    klo ada resep baru diposting lagi mb, biar Q juga bs belajar masak :p

    [Reply]

    phiy Reply:

    insyaAllah aku bagi lagi resep lainnya, ditunggu yah :*

    [Reply]

  • Workshop Bisnis Online on August 25th, 2011

    Bener jadi penasaran, BAGAIMANA RASANYA?

    [Reply]

  • molen on August 25th, 2011

    kok warna kaangkungnya ga ijo mba?? kelamaan ditumis kali….

    (padahal, saya belum tentu bisa..)

    xixixixi

    [Reply]

  • Belajar Photoshop on August 25th, 2011

    hihihih iia setuju… gag terlalu ijo iia?!??!

    [Reply]

  • Belajar Photoshop on August 25th, 2011

    komengku lenyap tertelan bumi?!?!?

    hihihih iia setuju… gag terlalu ijo iia?!??!

    [Reply]

  • Orin on August 26th, 2011

    Hal baru yah? hmm…buat tumpeng kmrn itu keknya hihihi…
    Met mecoba resep2 baru lainnya ya Jeng ;)

    [Reply]

  • sibair on August 26th, 2011

    huaaa tumis kangkung ya.. pasti enak, :roll: bayangin…

    [Reply]

  • sulung on August 26th, 2011

    jadi kangen tumis kangkung buatannya si mamah. :(

    [Reply]

  • thya on August 26th, 2011

    cieeeee..
    selamat kalo memang bener enak. ahehehehe ;D

    [Reply]

  • niee on August 26th, 2011

    Wahh,, sama dengan aku dulu pas ibu pergi haji,, jadi terpaksa masak sendiri dah.. Tapi setelah ibu pulang lagi kerumah ya gak masak lagi,, kembali diserahkan ke ibu :D

    [Reply]

  • Erwin on August 26th, 2011

    hal baru? apa ya.. :-?
    kalo saya sudah terbiasa hidup mandiri, jadi kalo masak memasak alhamdulillah sudah banyak yang saya coba. :)

    [Reply]

  • daud on August 27th, 2011

    wow, jadi ingin coba :-)

    [Reply]

  • nisa on September 2nd, 2011

    ^__^ Wahhh enak kie pastii :)

    [Reply]

  • alief on September 12th, 2011

    wah…, kapan kapan masakannya juga dikirim ke tempatkku lah…

    [Reply]

  • @helgaindra on September 15th, 2011

    mantep tuh kalo dicampur sama sambal+ikan
    beeeh jadi laperr

    [Reply]

  • Azzy on January 14th, 2012

    Beda dikit caranya sama saya (biar co tp pandai juga dikit :D ) , kankungnya di tumis dulu sebentar sampai cepat layu lalu terakhir air. :nyam:

    [Reply]



  • Leave a Reply

    © Copyright ● Blognya Afiy 2011. All Rights Reserved. Theme designed by Skechie.