Membeli Kain Flanel di Tanah Abang

Suka deh ngeliat cewe-cewe yang bisa bikin handicraft atau kerajinan tangan. Aku jadi pengen bisa juga. Seru aja liatnya, bisa menghasilkan barang-barang cantik dari tangan sendiri. Salah satu bahan kerajinan tangan yang (kayaknya) mudah dikreasikan adalah kain flanel. Maka berangkatlah aku ke pusat grosir di Jakarta, Pasar Tanah Abang. Di sini harganya lebih bersahabat … kalo beli banyak :p . Satu-satunya info yang aku tau, harga kain flanel per meter di toko online Rp. 17.000,-. Asumsinya, di Tanah Abang aku bakal dapet harga yang lebih murah dari itu.

Karena aku ga punya banyak informasi soal dimana dan berapa kisaran harga kain flanel di sana, walhasil aku cuma hemat seribu perak dan itupun aku dapet dari “calo”. Calo yang kumaksud adalah penjual bahan pakaian yang sebenernya ga jual kain flanel tapi dia punya katalog. Dia menawarkan kepada pembeli seakan-akan dia punya barang yang pembeli butuhkan. Setelah pembeli memilih, dia pun jalan ke toko kain flanel untuk kemudian dia jual kembali dengan harga yang lebih muahool a.k.a expensive! Toko flanel aslinya sebenernya ga jauh, cuma agak masuk ke dalem. Mangsa si calo pastinya calon pembeli yang lugu dan cantik seperti dirikuw ;;) *disambit menhir*




Aku baru tau si abang itu ternyata calo dari penjual dacron (sejenis kapas buat isi kreasi flanel). Uda penjual dacron pun ngasih tau dimana seharusnya beli kain flanel. Besoknya aku beli kain flanel di tempat yang semestinya. Di sana aku bisa dapet flanel dengan harga Rp. 13.500,-. Ngeselin juga tu calo yang jual seharga Rp. 16.000,-. Tapi ya udah lah, itung-itung beli pengalaman dan informasi. Bener kata orang, pengalaman itu b.e.r.h.a.r.g.a.

Pengalaman ini bakal aku bagi. Supaya temen-temen ngga ngalamin hal serupa, berikut ini tips yang bisa diikuti untuk kita yang mau beli kain flanel di Tanah Abang :

  1. Browsing berapa harga kain flanel yang dijual di toko online. Harga itu buat patokan termahal. Di tanah abang kita bisa hemat 3.000 – 5.000 rupiah, apalagi kalo jago nawar.
  2. Lokasi. Lokasi penjual flanel “asli” ada di blok F2. Buat temen-temen yang ngga tau, langsung aja tanya dimana blok F2. Ngga perlu tanya dimana penjual kain flanel, karena bisa jadi kita malah ditunjukkin toko si calo. Buat temen-temen yang penasaran gimana cara identifikasi pedagang itu calo atau bukan, bisa lirik ke poin selanjutnya.
  3. Selisih harga. Coba dengarkan harga yang penjual tawarkan. Kalo penjual nawarin harga yang cuma beda 1.000 – 2.000 dari patokan termahal dan berat buat nurunin lagi, mendingan capcus aja. Masih ragu itu pedagang calo atau bukan?
  4. Liat isi kiosnya, cari ada apa ngga kain flanelnya. Hmm.. siapa tau dia punya dua toko di bawah satu manajemen. Itu hal yang lazim di tanah abang. Meskipun begitu, kita patut curiga karena toko flanel yang asli pasti punya barangnya.
  5. Periksa katalog. Kios calo ngga punya barang, dia punya katalog warna untuk pembeli pilih. CEK, CEK, dan CEK! Cek katalognya, adakah nama tokonya? Jika ada, samakan dengan nama kios/toko yang kita satronin. Seandainya di katalog tertulis nama tokonya “Toko Oke”, sedangkan si abang jualan di “Toko Asem”? Segera tinggalkan. Sepengalamanku, si calo menutup-nutupi informasi dengan mencoret alamat toko asli menggunakan spidol hitam.
  6. Labrak. Jika di katalog ga ada nama toko, inilah saatnya Anda berani bertanya, di mana flanelnya? Di gudang atau di toko lain? Liat deh ekspresinya.


Poin nomer 4 itu wajib banget dicek lho. Jangan sampe si penjual bilang ada, sementara dia ngga jual barang yang kita maksud. Tips ini juga berlaku buat barang-barang lain kali ya 8-> That’s it. Semoga bermanfaat, selamat berbelanja dan hati-hati melangkah.

114 Comments

  1. Kamal Hayat on May 23rd, 2011

    Kalau mau murah ya beli di grosirnya langsung..? emangnya bisnis apa ni

    [Reply]

    phiy Reply:

    blm dibisnisin, masih coba-coba :D

    [Reply]

  2. Orin on May 26th, 2011

    wuiiih…tengkyu tipsnya mba Phiy, aku jg sering shopping ke tanabang neh ;)

    [Reply]

    phiy Reply:

    murah-meriah sih ya mba :)

    [Reply]

  3. choirul on May 26th, 2011

    keren juga ya tipsnya… sayangnya itu kalo g bisa nawar… g enak sama penjualnya…. hmmm

    [Reply]

    phiy Reply:

    aku jg orangnya ga bs nawar :D

    [Reply]

  4. iam on May 27th, 2011

    Wah tanah abang memang rajannya,apa aja ada. Tapi bener banget, kudu hati2 kalo belanja disitu :((

    [Reply]

    phiy Reply:

    punya pengalaman pahit kah?

    [Reply]

    astri gemilang sari Reply:

    aku juga pingin buat karya atau kerajinan tangan dari flaneeeel,habiiis unyuk unyuk siiiiih 8]
    tapi aku nya kagak tau harus belanja flanel dimana :/ :(
    ada yg bisa ngasih tau gak [-O< #:-S kalo beli flanel itu di toko apaan?
    yg kayak gimana ?

    [Reply]

  5. aRuL on May 27th, 2011

    mau anterin mamaku nyari2 sesuatu di tanah abang, kira2 di bagian mana yah murah2 dan bagus2 barangnya?

    [Reply]

    phiy Reply:

    udah di-reply via email ya :)

    [Reply]

    nico Reply:

    aku juga mau dnk,,,,
    kirimin tmpt2 yg bgus2 and murah2 ya mba
    kirim’n ke chesab.ramadan@hotmail.com [-O< thanks

  6. fitri melinda on May 28th, 2011

    wahh lengkap banget tipsnya.. :*

    [Reply]

    phiy Reply:

    hehe (*)

    [Reply]

  7. Mhd Wahyu NZ on May 29th, 2011

    trik jualan macam itu memang mungkin hampir terjadi dimana-mana
    cuma ada untungnya juga bagi mereka yg malas muter² -macam saia- ;))
    tapi ya itu, resikonya harga jadi naik.

    [Reply]

    phiy Reply:

    mending muter-muter mas daripada rugi :D

    [Reply]

  8. Ibnu Syarif Hidayat on May 30th, 2011

    wah, ko’ banyak ya org2 klw pada mau beli baju grosiran mesti pathokannya tanah abang, emang murah-murah sih disana :D

    [Reply]

    phiy Reply:

    iya, murah-murah dan up to date ;))

    [Reply]

  9. fharkhan on May 30th, 2011

    kalo tanah abangnya solo yaa pasar klewer.hehehe

    [Reply]

    phiy Reply:

    wah ternyata ada juga ya di solo :)

    [Reply]

  10. @helgaindra on June 2nd, 2011

    untung dulu pas kesana ga pernah ketemu calo
    hehee

    [Reply]

  11. Dewi on July 24th, 2011

    toko flanelnya di blok F2 Blok A atau metro tanah abang? lantai brp? alamat lgkp dan nama tokonya donk…

    [Reply]

    phiy Reply:

    di blok F2 lantai 2. di situ cuma ada dua toko yg jual flanel. Yg satu namanya “toko faisal”, satunya lg, tempatku beli, lupa namanya apa.

    [Reply]

  12. dian on July 25th, 2011

    saya jual flanel Rp 15000/m…kalo beli 2 mtr rp 14500
    untungnya beli online? tidak perlu menghabiskan ongkos angkot, tenaga, waktu..bisa lbh menghemat waktu dan budget.
    saya juga jual pernakpernik lainnya.
    hub 081282000076

    [Reply]

    fiedh Reply:

    2 meter 14500? benar ga kalo benar gimana cara belinya

    [Reply]

    resty Reply:

    @dian, mbak klu ambil 10 mter brp? truz ad dakron dx?brp /kg

    [Reply]

    resti Reply:

    @resty, asikk.. dapet info jg.. [-O< kalo di jatinegara ada yg tau tempatnya ga ya?? :]

    phiy Reply:

    @resti
    di jatinegara kurang tau. Tp setauku di situ mahal-mahal..

    Rina wulansari Reply:

    @dian, Kira-kira ongkir nya brapa y low ke lampung utara or kotabumi?
    ;)

    [Reply]

  13. rifa on September 22nd, 2011

    wah aku lagi pengen bikin aksesoris2 flanel niy mbak,,

    n lg pengen hunting k tanah abang,,

    tipsnya membantu sekalii,,

    makasih ya mbak,,:)

    salam kenal..

    [Reply]

    phiy Reply:

    sama-sama, seneng bisa bantu. Salam kenal juga ;)

    [Reply]

    astri gemilang sari Reply:

    @phiy, aku juga pingin buat karya atau kerajinan tangan dari flaneeeel,habiiis unyuk unyuk siiiiih 8]
    tapi aku nya kagak tau harus belanja flanel dimana :/ :(
    ada yg bisa ngasih tau gak [-O< #:-S kalo beli flanel itu di toko apaan?
    yg kayak gimana ?

    phiy Reply:

    @astri:
    di blok F2, toko Uda Faisal :)

  14. winie on October 19th, 2011

    Haiii….tanya dong, blok F2 itu selantai yah sama grosirnya manik2 kalung / monte2? ..alhamdulilah selama ini kalo ke tanah abang blm pernah sih ketemu calo. soalnya aku biasanya blusuk2 sendiri tar nemu deh tempat2 baru hehehe…ato cuma nanya misalnya “tempat manik2 dmn yah?” itupun kalo orang nya nanya lebih lanjut, aku cuma ngeloyor aja sambil bilang “makasih” hehehe…makasih ya infonya… :x

    [Reply]

    phiy Reply:

    yap selantai sm grosir manik2 dan ban aksesoris lain :)

    [Reply]

  15. tania on December 7th, 2011
  16. tania on December 7th, 2011

    :twisted: =)) :nin: :pingsan:

    [Reply]

  17. eilsa on December 11th, 2011

    makasih banget dah membantu kasih tips n kasih alamat toko flanel yang benar,cz aku dah cari kemana2 gak ketemu akhir’a dapat juga informasi n tips’a biar gak ketipu n gak rugi. O:-) O:-)

    [Reply]

    phiy Reply:

    sama-sama, alhamdulillah bermanfaat :)

    [Reply]

  18. merlyn on December 13th, 2011

    mbak…minta alamat lengkap tanah abang dimananya :run: kn luas bgt,yg jual kain flanel ma dakron yg murah dunk…hehe,coz pngn borong wkkkk….bls k emaiku ya… ^:)^ .thanks….and please O:-)

    [Reply]

  19. heni on December 14th, 2011

    nuhun teeh inpona…blok f2 sbelah mane yee…depan blok A bkn yaa….?
    1 lagi, tempat jual dacron yg murah juga diblok f2 yaa..??

    [Reply]

    phiy Reply:

    blok f2 itu di blok F lantai 2 :D
    Yap, bisa tembus dari blok A (blok yg baru itu, aku lupa yg baru A apa B ya, pokoke yg baru deh, hehe). Masuk dari blok A, terus lurus sampe nemu pintu keluar. Kalo ngga PD, tanya satpam aja langsung blok F sebelah mana, jangan tanya pedagang pokoknya mah.
    Dakron murah jg ada di situ :)

    [Reply]

  20. slemanonline on January 8th, 2012

    heh? serius ni mbak di tanah abang kain flanel bisa dapet Rp.13. 500 per meter nya?? wah jauh banget ya sm yang di jogja.. di sini bisa sampe 20an ribu e.. tp iti belinya dalam jumlah banyak ato cuma per lembar aja mbak?? ~O) ~O)

    [Reply]

    phiy Reply:

    per lembar 13.500. Kalo banyak bisa lebih murah lagi sepertinya :)

    [Reply]

  21. veby on January 9th, 2012

    wah saya beli di toko faisal murah loh mba cuman 13rebbu

    [Reply]

    phiy Reply:

    iya, dihari ke dua itu aku juga beli di toko Faisal.

    [Reply]

  22. dian on January 13th, 2012

    saya jual kain flanel Rp 15.000 per meter. pembelian di atas 5 meter mendapat diskon. Lokasi surabaya. Hubungi 0812-82-0000-76

    [Reply]

  23. putri on January 31st, 2012

    sist, toko yg jual kain flanel murah d’tanah abang itu bisa beli pake online gak, ato bisa minta kirimin gitu dari toko ny?? [-O< soal ny aq dari banjarmasin, disini mahal sist, :((

    [Reply]

    phiy Reply:

    wah, maaf banget sis, aku ngga simpen kontaknya toko faisal :(

    [Reply]

  24. Dinovia on February 3rd, 2012

    Wah..makasih lho mba tips nya, aku lagi pengen banget nie..usaha flanel kerjainan tangan, selain hobby jahit, aku suka pernak pernik..
    berarti aku harus masuk ke blok f nya itu dari depan ya mba??
    kan tanah abang ada 2 pintu biasanya ya..maklum agak keder mba kl di tanah abang..hehehhe

    [Reply]

    phiy Reply:

    depan tu yang mana? :D *ikutan keder*
    Aku masuk dari pintu masuk blok A. Hehe

    [Reply]

  25. dadan yupi on February 18th, 2012

    saya lg nyari yang jual grosiran kain vual paris,buat di jadiin krudung.
    di tanh abang di blok mana ya??
    klo ada,yg skalian grosir krudung polos tp yg bhn paris.
    mksh. :lol:

    [Reply]

    phiy Reply:

    grosir kerudung paris banyak di blok A. Klo tukang kain ada di blok F, tp aku kurang tau khusus bahan vual paris itu sebelah mana..

    [Reply]

  26. cici on February 20th, 2012

    lam kenal mba,
    thanks banget ya infonya..sangat berguna dan bermanfaat ….

    salam
    cici

    [Reply]

  27. aii on February 28th, 2012

    wuuuih….kereeen…saia lagi keliling nyari tokonya ini..hahha

    [Reply]

    phiy Reply:

    tutupnya jam setengah empatan lho :D

    [Reply]

  28. Nathania on February 29th, 2012

    Tips’y berguna bgt nie, kebetulan aq emang mo cari kain flanel d Tanah Abang. Untung aq udah bc artikel’y duluan. Tq ya…. ^,^)

    [Reply]

  29. effata on March 9th, 2012

    aq mau tanya dong.. buat hobby baru ku nih.. i need some help ^^
    aq kan mau nyari barang flanel dan aksesorisnya seperti : dacron, kancing”, cantolan buat ganci and gape, dll..
    terus nail art n aksesorisnya seperti: fimo stick, brush nya, dll
    di tanah abang itu dimana nya ya.. soalnya aq males masuk n nyari ribet” nih.. takut dikerjain orang. hehe.. ^^

    [Reply]

    phiy Reply:

    maaf baru bales mba, lg ada kesibukan di dunia nyata. Hehe..
    Langsung aja ke blok F, bisa masuk dari pintu blok B. Trus langsung ke blok F lantai 2 (blok F2), atau langsung tanya toko Uda Faisal. :)

    [Reply]

  30. effata on March 9th, 2012

    sist i need ur help about this. ^^
    lemme know more about where i can find the cheap flanel shop and the acc..
    and nail art anfd all acc.. ^^
    in tanah abang..
    answer me with indonesian ^^ or by email if u dont mind :roll:
    thank you ;;)

    [Reply]

    phiy Reply:

    aku udh kirim email, tp fail..

    [Reply]

  31. Lukman on March 11th, 2012

    Ibu2 memang biasanya jago nawar he2

    [Reply]

  32. adviany tf on March 21st, 2012

    Sik asik thanks bngt infox sisq yg cantik yg manis yg sgalax d. Aku pembuat kerajinan flanel,biasax sih aku belix di m.dua pdhal aku stay di slipi..ohhhh tyata di t.abang ada toh…..siap2 meluncurrrr

    [Reply]

  33. janti on March 23rd, 2012

    boleh tau gak toko yg jual dakron di tanah abang

    [Reply]

    phiy Reply:

    nama tokonya ga tau, lokasinya sama, di blok F lantai 2..

    [Reply]

  34. flanellia on March 30th, 2012

    aku mw bli juga, boleh nggak belinya ke kamu aja…??

    [Reply]

    phiy Reply:

    wah, maaf aku ga jualan kain flanel :D

    [Reply]

  35. eka putri on April 1st, 2012

    :x thanks banget lho infonya bermanfaat…
    kalo grosiran sovenir murah dimana ya sis??

    [Reply]

    phiy Reply:

    souvenir apa ya? Klo souvenir buat nikahan biasa sih carinya di Jatinegara :)

    [Reply]

  36. Susan on April 1st, 2012

    mbak, kalau asesorinya seperti kancing etc. di blok F juga?
    trus sekalian mbak nanya benang rajut ada di blok apa ya mbak?hehehhe….
    thanks ya mbak…

    [Reply]

    phiy Reply:

    yap semua yg disebut ada di blok F lantai 2 :) etapi kurang tau ding klo benang rajut :D

    [Reply]

  37. Tika on April 8th, 2012

    mba.. kalo nyari bahan2 lain kayak kancing, manik-manik, jepit & bandana polos..
    dimana yaa…
    bisa bagi infonya kah??
    teng kyu.

    [Reply]

    phiy Reply:

    di blok F lantai 2 ini juga ada bahan aksesoris yg dimaksud. Banyak toko yg jual :)

    [Reply]

  38. rara on April 17th, 2012

    kalo kain flanel motif ada ga sis?

    [Reply]

    phiy Reply:

    kurang tau deh sis yg motif ada apa ngga. Dulu cuma beli yg polos..

    [Reply]

  39. Gita on April 22nd, 2012

    Wuiih makasih banyak infonya yah mbak :)
    pagi ni aku baru mau belanja ke sana bareng adik. Jujur aku ngga tau seluk beluk tanah abang.
    Sekalian tanya dong mbak, tempat untuk beli benang sulam disebelah mana ya? Apa barengan 1 lokasi sm pernak-pernik dn asesoris di F2 blokA?
    Makasih..

    [Reply]

    phiy Reply:

    ya ada di satu lokasi sama kain flanel. Bukan di F2 Blok A, tapi di Blok F2 (blok F lantai 2) :D

    [Reply]

  40. she- on April 23rd, 2012

    hi… saya seneng bisa nyasar di blog ini.. pas nyari nyari tips n inspirasi dari kain flanel.. jadi kepengen coba buat bisnis rumahan ini..
    btw bisa kasih info ga toko2 yang super duper murah dengan kualitas barang yang bagus untuk flanel, tempat bahan baku aksesoris semuanya, kalo punya info untuk kain or baju hehe …. mohon informasinya ya nama blok or toko nya … blog ini sangat membantu… thanks.. bisa kirim lewat email ku yah.. ;) :D [-O<

    [Reply]

  41. Yoes on May 10th, 2012

    Sekedar info untuk teman-teman. Saya orang daerah yang mempunyai usaha kecil-kecilan, biasa belanja di Ibukota termasuk kain flanel. Untuk kain flanel biasanya saya beli di Pasar Pagi harganya lebih murah dibanding Tanah Abang.

    [Reply]

    phiy Reply:

    @Yoes,
    berapaan tu harganya? boleh dong bagi2 info lengkapnya :)

    [Reply]

    citra Reply:

    @phiy, pasar pagi itu dimana yah… Bisa tau alamatnya plis?

    phiy Reply:

    @citra,
    kurang tau, mas Yoesnya ga ngasih info lagi :D

  42. tri adi nugroho on May 13th, 2012

    terima kasih infonya :D
    bermanfaat buat saya, bisa mengetahui pengalaman anda 8]

    [Reply]

  43. ayiep on July 16th, 2012

    wahhh sukran ni informsinya…..

    [Reply]

  44. citra on July 23rd, 2012

    Infonya mantep banget dek…. Saya lg mau nyoba nih bikin pernakpernik flanel..thanks bgt!! ;)

    [Reply]

  45. tari on September 6th, 2012

    mba phiy. . D t4 ku sini gak ada yg jual lho pdhl pingin.. Coba mb phiy jual aku lgsung beli deh… Jual donk mbak phiy. . . :)

    [Reply]

    phiy Reply:

    udah dijawab via email ya :)

    [Reply]

  46. Ristin on September 15th, 2012

    Salam kenal.. Blogwalking nih… Add me dong makaSih..

    [Reply]

  47. noncosi on September 15th, 2012

    waaah terimakasih sangat membantu, dari kemaren-maren saya pengen huntting kain flanel tapi bingung, setelah membaca tipsnya wooah capcuz deh. :run:

    [Reply]

  48. hotahe on September 23rd, 2012

    :run: :roll: =:D>

    makasih infonya,,,dari kemaren aq muter2 cmn disenen ma JT kagak nemu2 yg jual toko kain flanel.terpaksa aq beli ditoko gramedia,tpi setelah q buka blok mbak jdi penasaran mo belanjaa disono,lom cek keTABAng,,,,hehehe [-O< :?

    [Reply]

  49. harti on October 4th, 2012

    =:D> …keren abis mba tipsnya, salam kenal…jadi tahu info. kain flanel +tips+trik nya … :pop: :pop: :pop:~O)

    [Reply]

  50. heru on November 16th, 2012

    mbak itu bukan calo…. anda mendiskreditkan orag usaha… dia itu broker… ya syah aja di jualan mahal…. wong di juga butuh penghasilan dan buat anak dan istrinya….. atau kalo wanita, dia juga butuh income…
    itulah usaha…. dimana ada peluang.. disitu ada jalan…. ok tip nya, tapi kesannya aku melihat ini usaha haram….. padahal pedagang baik broker atau tidak dia menawarkan barang dan jasa dgn selisih harga pokok, untuk keuntungan dia.
    semoga ini menjadi pembukaan pikiran kita yang terlalu sempit….. saya maklumi…. keterbatasan ini, itulah manusia

    [Reply]

    phiy Reply:

    [Reply]

  51. dewi on November 16th, 2012

    Ka .mau tnya lokasi ny di blok f dket sm apa ya .

    [Reply]

    phiy Reply:

    @dewi,
    lantai dua, di dalem pokoknya :D Bukan di pinggiran tangga/jalan..

    [Reply]

  52. putri on December 25th, 2012

    mba…aq beli kain flanelnya ama dirimu aja dunk…. boleh g? harganya jgn di atas 15rb dunk :D
    tq banget

    my email/fb
    pandan_manies@yahoo.co.id

    [Reply]

    phiy Reply:

    maaf mba, aku ga jual, cuma kasih info aja :D

    [Reply]

    putri Reply:

    okey… tq klo gitu :D

  53. putri on December 25th, 2012

    aq mau beli kain flanel

    utk polos warna krem (utk dijadikan wajah boneka) aku mau 10 meter

    polos >> merah, kuning, hijau muda, hijau tua, biru muda, biru tua, pink, orange, coklat tua, coklat muda, hijau toska, maroon, dan hitam
    @5meter

    bermotif >> merah, kunig, hijau muda, biru muda, dan pink @ 5 meter

    klo semua ini jadi berapa duit yak? :D

    [Reply]

  54. retno on December 30th, 2012

    makasiih mbak infonya…
    di toko asli tempat mba beli kain flanel jual benang wol juga tak? atau manik-manik gitu? :D soalnya aku cari toko di tanah abang yang jual semua keperluan handicraft.
    mohon infonya :)

    [Reply]

    phiy Reply:

    seingetku jual benang wol juga, manik-manik ga jual deh kayaknya. Tapi toko-toko di sebelahnya dan sekitarnya banyak yang jual manik2 :)

    [Reply]

  55. sari on January 5th, 2013

    aku juga mau dnk,,,,
    kirimin tmpt2 yg bgus2 and murah2 ya mba
    kirim’n ke sardwecyn@yahoo.com [-O< thanks

    [Reply]

  56. aprianti on January 30th, 2013

    wuihhh , seneng deh bisa nyasar ke blog ini , soalnya aku lg pusing nyari tempat yg jual kain flanel , kmren nyari ke asemka udah muter-muter ga ketemu-ketemu .__.
    nanti aku mau cari ke tanah abang aja deh , heheh .

    [Reply]

  57. dedew on March 9th, 2013

    , huaaaaa…..
    infonya T.O.P begete :)
    makasiii makasiii
    xie xie
    huaatuur nuhun sanget
    tengkyu mba phi :D

    oia, sekalian mau info tmpt2 yg bgus” and murah” ya mba
    kirim’n ke email akuhhh.. maaacciihh :}

    [Reply]

  58. mery on May 11th, 2013

    mbk aku dibantuin ya, aku irt ingin mencari penghasilan lewat rumah dengan mencoba peluang usaha kain flanel. dan aku sudah baca info diatas, berhubungan modal kecil dan jauh dari jakarta. aku minta bantuannya mbk untuk carikan reseler barang2 tersebut. seperti kain flanel, gantungan kunci, peniti bros, kancing. gitu aja dech mbk nanti di balas ke email ku aja. tolong ya mbk, semoga ini jadi bisnis kita bersama. amin..

    [Reply]

    phiy Reply:

    @mery,
    udah kukirim emailnya yah

    [Reply]

  59. ain on May 16th, 2013

    yang jual dacron disaana perkilo apa gimana nih mbak? perkilonya berapa?

    [Reply]

    phiy Reply:

    @ain,
    aku lupa, waktu itu belinya satu kantong gede gitu. Harganya juga udah lupa :D

    [Reply]

  60. Yomi on June 2nd, 2013

    Nyasar di blog ini nemu info yang oke. hehe. mau nanya mbak, di toko yg jual kain flanel itu hanya menjual flanel plos/satu warna atau ada juga yg bermotif/bergambar? Soalnya saya sedang mencari flanel yg bermotif. terimakasih sebelumnya ya ^_^

    [Reply]

  61. Rania on June 23rd, 2013

    pengalaman pergi ke tanah abang, ada 1 cewek nyamperin bilang hati-hati tasnya, minggu lalu pergi kesana tas disobek dompet dan hp diambil.

    apalagi kondisinya rame begitu, belanja ga nyaman
    skrg belinya online di tokokainflanel.com, lengkap mau apa aja, ga mesti pindah2 toko mau beli yg lainnya, bisa sambil beresin rumah, ordernya bisa ditinggal2.
    sekali belanja barang cepet sampenya, akhirnya ketagihan belanja online di tokokainflanel.com aja udah, ga repot

    [Reply]

  62. kirei on November 21st, 2013

    Terus penjual dacron di mana?

    [Reply]

  63. Isni on November 26th, 2013

    Thanks infonya sist dan semua komen2nya… Informatif.. 😊

    [Reply]

  64. dwi on December 19th, 2013

    mb….aku da cek ketanah abang di blok f2 tapi ko cuma sedikit yah jual??????? da gitu rata2 buat bedongan semua flanel motifnya mb?????? motifnya g ada yang lebih kecil lagi,….. boleh tau g dimana lagi mb ?????

    [Reply]

  65. elfi on December 24th, 2013

    Mbak jd klo nitip kain flanelny ma mbak bs gak?? Slny sy ne org medan..

    [Reply]



Leave a Reply

© Copyright ● Blognya Afiy 2011. All Rights Reserved. Theme designed by Skechie.