Perkedel Jagung atau Bakwan Jagung Gurih Tanpa Mecin

Haha, huhu, hehe, hoho. Seorang Phiy akhirnya bisa juga membuat sesuatu, ga cuma jadi end-user makanan :mrgreen: Jadi ceritanya, dalam rangka mengalihkan pikiran kepada hal-hal positip dan bersifat kreatip, aku coba belajar masak. Aku mulai dari nasi goreng sederhana, terus dilanjut ke sayur sawi. What? Umur 21 baru bisa bikin nasgor? Cemen betholl! Emang :lol:

One day, hari Rabu pagi kemarin ada cowo yang tanya, “hari ini masak apa, cinta?” (<< bagian yang dicoret ini beneran asli, hoax). Singkat aku jawab ga tau, karena aku masak dibawah komando nenek yang belanja makanan harian. Terus yang nanya malah request, bakwan jagung. Gleq!! Kaget. Secara yang namanya bakwan bikinnya ga cuma potong-goreng, tapi musti ada adegan ngulek plus nyisir jagung. Karena yakin ngga yakin bikin, aku respon: Kapan-kapan aku coba bikin deh.. Dan kapankah kapan-kapan itu? Dengan modal nekat dan tanya sana-sini, kuputuskan buat coba bikin hari itu juga. Nih dia resepnya ni..

Siapin buat bumbu:
- udang kering, aku beli Rp.1500,- atau kira-kira 2 1/2 sdm.
- 4 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 1 kencur, kira-kira sepanjang kelingking
- garem, siapin aja sama toples-toplesnya deh

Siapin buat bahan utama:
- 3 atau 4 buah jagung manis
- 5 atau 6 wortel
- 3 cabe merah
- 8 helai daun bawang. Diiris tipis.
- terigu, siapin aja sekantong-kantongnya
- 1 butir telur.

Waktu:
Paling lama 2 jam. Ga ngerti dah kenapa bisa selama ini.


Langkah pertama, mengolah bumbu:

  1. Rendam udang kering di air bersih selama setengah jam, supaya lunak waktu diulek. Kenapa musti pake udang kering? Karena udang kering ngga amis, dan rasanya asin-gurih.
  2. Ulek bawang merah-putih plus kencur yang udah bersih. Tambain garem sakiprit (sedikiiiit aja), supaya ga licin. Diulek-ulek. Kalo udah ga keliatan muka bawang sama kencurnya, masukin udang kering yang udah direndem tadi. Udangnya aja, ga sama air rendemannya ya. Terus ulek lagi, sampe bentuknya kek begini:




Langkah kedua, mengolah bahan utama:

  1. Sisir jagungnya ke baskom sedang. Pake pisau tajem, jangan pake kuku dong. Nyisir kok pake piso? Gimana caranya coba? Nih, begini caranya.
  2. Wortel yang sudah dikupas dan dibersihkan terlebih dahulu, diparut ke dalam baskom yang sama. Parutnya bukan pake parutan keju, tapi pake parutan yang lubangya besar.
  3. Masukin juga irisan daun bawang, semua isi telornya, 7 sendok terigu, dan hasil ulekan bumbu. Tambah garem 1 1/2 sendok teh.
  4. Tambahkan setengah gelas air.
  5. Semua bahan diatas diaduk rata. Bikin sekental dan selengket mungkin. Jadi gini, prinsipnya, adonan itu ngga boleh encer supaya pas digoreng nanti, jagungnya ngga lepas-lepas. Kalo keenceran, tambain terigu. Jadinya kek begini:




Langkah ketiga, menggoreng:

  1. Tuang minyak ke wajan, panaskan dengan api besar. Kalo minyak udah panas, ada buih-buihnnya, apinya kecilin.
  2. Goreng adonan di api sedang. Ambil satu sendok makan adonan, dan masukan ke dalam wajan. Ratakan pake sendok supaya bakwannya melebar. Goreng deh berjamaah
  3. Balik kalo bagian bawahnya udah rapih/bisa diangkat. Kalo masih kentel ya jangan diangkat, nanti ancur.

4. Kalo warnanya udah kekuningan, angkat dan tiriskan. Buat pemula macam aku, jangan goreng semua adonan dulu. Coba rasain hasil gorengannya. Kalo ada yang kurang-kurang tinggal diedit. Misal kalo kurang asin, tambain garem. Kalo keasinan, tambain air dan terigu. Kalo udah sukses, sajikan deh.


GONJREEEEEENG! INI DIA HASILNYAAA.. ^^



Hati-hati saat menyisir jagung. Sekarang jempolku luka gara-gara nyisir jagungnya selebor, ahiks..

19 Comments

  1. ridu on April 22nd, 2010

    nanti aku main ke rumah kamu disuguhin makanan yg enak yaa.. tapi kamu duluan yg makan..

    *takut diracunin atau dipelet*
    :twisted:

    [Reply]

  2. CIPTO on April 22nd, 2010

    mbak saya mau beli satu…
    satunya berapa mbak? :)

    [Reply]

  3. Ria on April 23rd, 2010

    Kalau orang banjar nyebutnya ampal jagung fy :D
    um, jd laper.. Hehe..

    Btw, aku gak pnah pk kencur lo.
    Plg kalau bkin urap baru dipakai.
    Hum, plg bumbunya cmn bwg merah bwg puti. merica, ama garam :)

    [Reply]

  4. Arif R. on April 23rd, 2010

    jadi lapar nih.. :)

    [Reply]

  5. dafuad on April 24th, 2010

    fotonya mengiurkan… tapi hasilnya enak gk yah… klo aphiy jualan pasti di beli … gkgkgkg pissssssss

    [Reply]

  6. bocahbancar on April 27th, 2010

    Waaahhh,,,, lezat nich kelihatannnya,,,,

    Akhirnya, ada kemajuan ya Phiy,, Kalau saya mah, masih menjadi end user ajah hohoho :D

    Gmana kabarnya Phiy..???

    salam semangat selalu

    [Reply]

  7. ageleng on April 30th, 2010

    lama ga kliatan mba :D

    klo kapan2 nya hari itu juga, kayanya bukan kapan2 dah :/

    [Reply]

  8. Erfano Nalakiano on May 3rd, 2010

    apa kabarmu, Phiy!????

    [Reply]

  9. kholis on May 4th, 2010

    masih ada g y bakwan jagungnya? :)

    [Reply]

  10. ImUmPh on May 4th, 2010

    Ehem ehem… nyam nyam nyam….
    Boleh nyoba??

    [Reply]

  11. anno on May 5th, 2010

    siang-siang gini belum makan jadi laper neh..
    beli lima biji berapa ya

    [Reply]

  12. diazhandsome on May 11th, 2010

    mau pesan satu dong. boleh kan? kirim ke Bogor :D

    btw, gw dari kelas 1 smp udah bisa bikin nasgor tuh… hahaha :mrgreen: *ngomporin*

    [Reply]

  13. Faye on May 16th, 2010

    malem… dan laper~
    liat bakwan jagung, jadi kangen masakan rumah, huweeeeeee :((

    mba phiy pokoknya tanggung jawab!

    [Reply]

  14. yulia on July 9th, 2010

    lebih enak kl d tambahin daun jeruk….trasa lebih seger . . . d uleg aja daun jeruknya barengan ma bawang merah,bawang putih n kencur.

    [Reply]

  15. ratihs09 on December 1st, 2010

    kayaknya enak nii,
    makasii resepnya,,,lumayan buat bekal fieldtrip besok.
    mumpung baru panen jagung nii… :)

    [Reply]

  16. depot-voucher-pulsa-listrik-pln on January 16th, 2012

    kebeneran lg panen jagung neh. btw thanks resepnya.

    [Reply]

  17. pratama on January 18th, 2013

    dadar jagung memang lauk pauk favorit saya makasih yah

    [Reply]

  18. mama plences on February 12th, 2013

    Yummy kayaknya,,,,

    [Reply]

  19. lady on May 13th, 2013

    wwwiiii wuenak tu kyk nya hrus mncba deh ,, lgi ngidam :)) :-h

    [Reply]



Leave a Reply

© Copyright ● Blognya Afiy 2010. All Rights Reserved. Theme designed by Skechie.